Skip to main content
BeritaSiaran Pers

Ekonomi Tumbuh Di Atas 5 Persen, Perekonomian Indonesia Termasuk Tumbuh Dengan Baik di Dunia

Dibaca: 49 | By 07 Feb 2024Juni 25th, 2024No Comments
Ekonomi Tumbuh Di Atas 5 Persen, Perekonomian Indonesia Termasuk Tumbuh Dengan Baik di Dunia

LPS – Jakarta. Wakil Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Lana Soelistianingsih menyatakan, di tengah ketidakpastian global yang terus terjadi, perekonomian nasional tetap terjaga, salah satunya karena permintaan domestik yang tetap kuat dan juga berlanjutnya pertumbuhan dan peningkatan investasi. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian nasional akan terus tumbuh.

“Ekonomi Indonesia tumbuh 5,05 persen pada kuartal IV 2023, diperkirakan pada 2024 ekonomi Indonesia akan tumbuh 4,91 persen menjadi 5,12 persen, ini proyeksi full year 2024. Dan ini termasuk paling baik di dunia,” ujarnya di forum Bloomberg Technoz Economic Forum, dihelat di Jakarta pada Rabu (7/2/2024).

Adapun, berdasarkan basis data International Monetary Fund (IMF) bulan Oktober 2023, Indonesia masuk ke jajaran 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia, serta ekonomi Indonesia pada 2024 diproyeksikan mampu tumbuh stabil.

Dia menambahkan, stabilitas perbankan pun tetap solid, di antaranya didukung oleh kinerja intermediasi perbankan yang berjalan dengan baik.

“Intermediasi perbankan terus tumbuh positif, per Desember 2023 kredit tumbuh 10,38 persen Year on Year sementara DPK tumbuh 3,73 persen YoY. Di sisi lain, per Desember 2023 NPL gross berada pada level yang terkendali sebesar 2,19 persen dan permodalan bank tetap kuat dengan CAR sebesar 27,69 persen.” Imbuhnya.

Baca juga:  LPS dan DJKN Kemenkeu Tandatangani Kerja Sama Pelelangan Aset

Lebih jauh, Lana menjelaskan, pertumbuhan simpanan juga mengalami normalisasi seiring pemulihan ekonomi nasional, saat ini pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada berbagai kelompok mengalami normalisasi yang menjadi indikasi bahwa dana ini digunakan di sektor riil.

“Industri perbankan Indonesia saat ini tumbuh solid yang ditopang oleh permodalan yang tebal. LPS akan senantiasa menjaga kepercayaan nasabah melalui pelaksanaan tugas dan fungsi LPS, serta melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Dengan semakin banyak masyarakat yang memahami peran dan fungsi LPS, maka risiko terjadinya bank run akan dapat diminimalisir,” pungkasnya.

Bagikan:

Leave a Reply

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel