Skip to main content
Laporan

Laporan Tahunan LPS 2020

Dibaca: 57 | By 18 Mei 2021Mei 16th, 2024No Comments
Laporan Tahunan LPS 2020

Ringkasan Laporan Tahunan 2020

Pandemi COVID-19 yang terjadi di sepanjang tahun 2020 dan belum berakhir hingga saat ini telah membuat kondisi perekonomian global dan nasional mengalami tekanan. Pertumbuhan ekonomi global dan nasional mengalami kontraksi. Resesi ekonomi pun tidak dapat dihindari. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional, termasuk menerbitkan Undang Undang Nomor 2 Tahun 2020, Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2020.

Terbitnya peraturan perundang-undangan tersebut memberikan mandat baru kepada LPS untuk turut aktif dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Perluasan mandat ini juga menjadi momentum bagi LPS untuk meningkatkan perannya dalam menjaga stabilitas sistem keuangan. Untuk itu, LPS telah mengesahkan Peraturan LPS Nomor 3 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksana Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2020, dimana salah satunya mengatur mengenai penempatan dana LPS pada bank dan repo SBN LPS kepada BI.

Amanah yang diberikan kepada LPS sesuai dengan UU LPS dan UU PPKSK bukanlah satu hal yang ringan. Untuk dapat mengemban tanggung jawab tersebut, LPS juga harus menjalin sinergi dengan lembaga dan otoritas lain, baik di dalam maupun luar negeri, dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan penjaminan simpanan dan resolusi bank. LPS juga terus mengembangkan perangkat, aturan, dan tata laksana dalam menunjang stabilitas
sistem keuangan.

Baca juga:  Laporan Tahunan LPS 2014

Disahkannya UU PPKSK memberikan mandat baru bagi LPS, terutama dalam menjalankan fungsi melakukan penyelamatan bank gagal. Untuk menunjang pelaksanaan mandat tersebut, LPS terus berinovasi agar dapat menjalankan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih baik. Hal ini sejalan dengan Master Plan Transformasi yang mengacu kepada lima tema transformasi, dan empat pilar penyangga transformasi yang dapat menjadikan LPS sebagai salah satu world class DIC.

AR-LPS-2020_Billingual
Bagikan:

Leave a Reply

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel