Skip to main content
Laporan

Laporan Tahunan LPS 2022

Dibaca: 494 | By 08 Jun 2023Mei 16th, 2024No Comments
Laporan Tahunan LPS 2022

Ringkasan Laporan Tahunan 2022

Di tengah beratnya tantangan perekonomian global serta meningkatnya risiko resesi dan inflasi yang tinggi di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus berinovasi dan bersinergi dengan Pemerintah dan lembaga negara lainnya dalam menjaga ketahanan ekonomi Indonesia serta memelihara stabilitas sistem keuangan melalui pelaksanaan peran LPS dalam program penjaminan simpanan dan resolusi bank yang kredibel untuk menumbuhkan keyakinan sekaligus kepercayaan masyarakat kepada bank dan sektor keuangan.

Sebagai otoritas penjamin simpanan dan resolusi bank, LPS mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjaga kondisi Stabilitas Sistem Keuangan nasional tetap terjaga di masa pandemi dengan menetapkan kebijakan relaksasi untuk industri perbankan. Kebijakan relaksasi ini merupakan bagian dari sinergi kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta lembaga lain. Salah satu kebijakan yang diberikan oleh LPS kepada perbankan adalah kebijakan relaksi denda pembayaran premi.

Menguatnya stabilitas sistem perbankan serta tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada bank tercermin dari membaiknya kinerja industri perbankan yang secara umum di sepanjang tahun 2022 membukukan kinerja yang baik seiring dengan stabilitas sistem keuangan yang terjaga. Kepercayaan Pemerintah dan masyarakat terhadap peran LPS kembali ditunjukkan dengan dikeluarkannya mandat baru bagi LPS melalui Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sistem Keuangan atau P2SK, yaitu LPS sebagai penyelenggara Program Penjaminan Polis (PPP). Oleh karena itu, LPS akan terus memperkokoh fungsi dan perannya melalui penguatan struktur organisasi, peningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan penerapan tata kelola dan peraturan, serta proses bisnis. LPS berkomitmen penuh untuk terus menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada industri perbankan nasional dalam upaya untuk membangun Indonesia melalui perekonomian yang kuat dan stabil.

Baca juga:  Laporan Tahunan LPS 2009

AR-LPS-2022-Ind

Bagikan:

Leave a Reply

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel