Skip to main content
BeritaSiaran Pers

Demi Pelayanan Optimal Kepada Masyarakat, Kantor LPS Kini Hadir di Medan

Dibaca: 69 | Oleh 25 Apr 2024April 30th, 2024Tidak ada komentar
IMG 1433

LPS – Medan. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkenalkan kehadiran Kantor Perwakilan LPS I Medan kepada insan media. Diharapkan, dengan hadirnya Kantor Perwakilan LPS, khususnya di Medan dan di berbagai daerah lainnya, maka pelayanan LPS kepada masyarakat akan lebih optimal. Nantinya Kantor Perwakilan LPS I Medan akan diresmikan pada tanggal 3 Mei 2024, dan berlokasi di Gedung Sinarmas Plaza Medan, cakupan Kantor Perwakilan I Medan ini akan mencakup seluruh wilayah Sumatera.

“Kehadiran LPS di berbagai daerah juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat mengenai program penjaminan, baik perbankan maupun asuransi. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan semakin bertambah,” ujar Kepala Kantor Persiapan Penyelenggaraan Program Restrukturisasi Perbankan dan Hubungan Lembaga, Hermawan Setyo Wibowo di hadapan insan media, dihelat pada Rabu (25/4/2024). 

Pembukaan Kantor Perwakilan LPS I Medan adalah salah satu implementasi dari mandat LPS sesuai dengan UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK). Sejak UU P2SK diterbitkan, maka LPS akan mengemban kewenangan dan tanggung jawab baru. Selain fungsi penjaminan dan fungsi memelihara stabilitas sistem perbankan, LPS juga akan menjalankan fungsi atau program penjaminan polis asuransi sesuai dengan kewenangannya

Baca juga:  LPS Senantiasa Dorong Penerapan GRC Bagi BPR/BPRS di Wilayah Sumatera Utara

“Dengan semakin luasnya mandat LPS, maka LPS membuka tiga Kantor Perwakilan di beberapa wilayah, yaitu di Medan Makassar dan Surabaya. Hal ini sekali lagi bertujuan agar LPS bisa lebih dekat dengan masyarakat dalam menghadirkan layanan, edukasi dan penjaminan kepada nasabah di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sekilas Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara dan Update Penanganan Bank 

Sumatera Utara merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia. Hal ini terlihat  dari pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun lalu yang mencapai 5,01 persen. Hal ini berbanding lurus dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan likuiditas perbankan di Sumatera Utara. Hingga Februari 2024, perbankan Sumut tumbuh 6,31 persen secara “year on year” (yoy) dengan total DPK mencapai Rp320,30 triliun atau tumbuh sebesar 2,83 persen yoy. 

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil, Sumatera Utara menjadi salah satu daerah penyokong pertumbuhan ekonomi Sumatera secara umum. Untuk itu, kami merasa perlu hadir lebih dekat ke masyarakat guna meningkatkan edukasi keuangan (literasi finansial) agar layanan keuangan dapat benar-benar dirasakan masyarakat khususnya nasabah perbankan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan, Muhammad Yusron. 

Baca juga:  Kantor Perwakilan LPS di Makassar Resmi Beroperasi

Selanjutnya, untuk penanganan klaim penjaminan di wilayah Sumatera Utara, sejak LPS beroperasi tahun 2005 hingga 31 Maret 2024, LPS telah melakukan penanganan simpanan terhadap 2 bank yang dicabut izin usahanya di Provinsi Sumatera Utara yaitu BPR Nusa Galang Makmur pada tahun 2017 dan BPR Bina Barumun pada tahun 2021, dari kedua BPR tersebut total simpanan layak bayar sebanyak Rp10,44 miliar dan total rekening sebanyak 1.295 rekening. 

Lebih jauh, sejak 2005 hingga April 2024, secara nasional, LPS telah melakukan likuidasi terhadap 132 bank, terdiri dari 1 bank umum dan 131 BPR/BPRS, dengan total simpanan layak bayar sebanyak Rp2,30 triliun dan total rekening sebanyak 342.318 rekening. 

Untuk melakukan tugas dan fungsinya dalam likuidasi dan resolusi perbankan, LPS memastikan simpanan nasabah dapat dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. LPS pun akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya untuk menetapkan simpanan yang akan dibayar.

LPS Run The City

Sebagai rangkaian perkenalan Kantor Perwakilan LPS I Medan, LPS pun akan menyelenggarakan kegiatan Run The City, yang akan diselenggarakan pada Minggu, 5 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan LPS kepada masyarakat Sumatera Utara. Kegiatan tersebut direncanakan akan diselenggarakan di Lapangan Benteng serta ditargetkan akan diikuti sekitar 1.000 peserta. 

Baca juga:  Kantor Perwakilan LPS di Medan Resmi Beroperasi

Bagikan:

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel